Hello, pembaca yang budiman! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat donat sederhana untuk memanjakan lidah dan perut Anda. Donat adalah salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. Bentuknya yang bulat dengan lubang di tengahnya membuat donat memiliki ciri khas tersendiri. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Persiapan Bahan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat donat sederhana, Anda membutuhkan tepung terigu, gula, ragi instan, susu bubuk, telur, mentega, garam, dan air hangat. Pastikan semua bahan sudah tersedia sebelum memulai proses pembuatan donat.

2. Pengulenan Tepung

Selanjutnya, ambil mangkuk besar dan tuangkan tepung terigu di dalamnya. Tambahkan gula, ragi instan, susu bubuk, dan garam ke dalam tepung terigu. Aduk rata semua bahan kering tersebut agar tercampur dengan baik.

3. Mencampurkan Bahan Basah

Selanjutnya, ambil mangkuk kecil dan kocok lepas telur di dalamnya. Setelah itu, tambahkan mentega cair dan air hangat ke dalam mangkuk yang berisi telur. Aduk semua bahan basah hingga tercampur sempurna.

4. Menggabungkan Bahan Kering dan Bahan Basah

Selanjutnya, tuangkan campuran bahan basah ke dalam campuran bahan kering. Aduk perlahan menggunakan sendok kayu atau spatula hingga semua bahan tercampur dengan baik dan membentuk adonan yang lembut. Pastikan tidak ada gumpalan tepung yang tersisa.

5. Membentuk Adonan Donat

Ambil adonan donat yang sudah terbentuk dengan rapi. Tempatkan adonan di atas permukaan yang telah ditaburi dengan tepung terigu. Gulingkan adonan donat hingga memiliki ketebalan sekitar 1 cm. Setelah itu, gunakan cetakan donat untuk memotong adonan menjadi bentuk bulat dengan lubang di tengahnya.

6. Fermentasi Adonan Donat

Setelah adonan donat terbentuk, tutup adonan dengan kain bersih dan biarkan selama kurang lebih 1 jam agar mengembang. Proses ini dikenal dengan istilah fermentasi. Selama proses fermentasi, adonan akan menjadi lebih kenyal dan mengembang.

7. Menggoreng Donat

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan donat satu per satu ke dalam minyak panas. Pastikan tidak terlalu banyak memasukkan donat sekaligus agar proses penggorengan berlangsung dengan sempurna. Goreng donat selama 2-3 menit atau hingga donat berwarna keemasan di kedua sisi.

8. Mengeringkan Donat

Setelah donat selesai digoreng, angkat donat dari minyak panas menggunakan sutil atau sendok berlubang. Tiriskan donat di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk menghilangkan minyak berlebih. Biarkan donat mengering selama beberapa menit sebelum disajikan atau dihias dengan berbagai topping sesuai selera Anda.

9. Menambahkan Topping

Jika Anda menyukai donat dengan hiasan, Anda dapat menambahkan berbagai topping sesuai selera. Beberapa topping yang populer untuk donat antara lain adalah gula halus, selai, meses, keju parut, atau cokelat leleh. Tambahkan topping sesuai dengan keinginan dan selera Anda untuk mendapatkan donat yang lebih lezat.

10. Menyajikan Donat

Donat sederhana Anda sudah siap disantap! Sajikan donat hangat sebagai camilan di pagi, siang, atau malam hari. Donat juga cocok dinikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat sebagai teman ngobrol atau santai di akhir pekan. Selamat menikmati!

Kesimpulan

Membuat donat sederhana tidaklah sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba membuat donat sendiri di rumah. Selain lebih hemat, donat buatan sendiri juga lebih terjamin kebersihannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!