Biji Ketapang: Camilan Favorit Semua Orang

Hello pembaca! Siapa yang tidak suka camilan gurih yang renyah? Biji ketapang menjadi salah satu camilan yang paling disukai oleh banyak orang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat biji ketapang menjadi camilan yang sempurna untuk menemani waktu santai. Jika Anda ingin mencoba membuat biji ketapang sendiri di rumah, berikut adalah resep biji ketapang simple yang dapat Anda coba.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan biji ketapang, pastikan Anda memiliki semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

1. 250 gram kacang tanah dengan kulit

2. 2 sendok makan gula pasir

3. 1 sendok teh garam

4. Air secukupnya

Proses Pembuatan

Langkah pertama dalam pembuatan biji ketapang adalah mempersiapkan kacang tanah dengan kulit. Pastikan Anda mencuci kacang tanah dengan bersih dan mengeringkannya dengan baik sebelum digunakan. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Panaskan wajan dengan api sedang. Jangan gunakan minyak atau mentega saat memanggang kacang tanah.

2. Masukkan kacang tanah ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Aduk kacang tanah secara teratur agar tidak gosong.

3. Sementara kacang tanah sedang dipanggang, siapkan campuran gula pasir, garam, dan air dalam mangkuk terpisah.

4. Setelah kacang tanah berubah warna menjadi kuning kecokelatan dan tercium aroma yang harum, masukkan campuran gula pasir, garam, dan air ke dalam wajan.

5. Aduk rata kacang tanah dengan campuran gula pasir, garam, dan air. Pastikan semua kacang tertutupi oleh campuran tersebut.

Proses Pemasakan

Setelah selesai melakukan proses pembuatan biji ketapang, saatnya untuk memasak biji ketapang hingga matang sempurna. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Panaskan wajan dengan api sedang. Tambahkan sedikit minyak agar biji ketapang tidak lengket pada wajan.

2. Masukkan campuran biji ketapang ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Ratakan biji ketapang dan biarkan matang selama beberapa menit.

3. Aduk biji ketapang secara teratur agar matang merata dan tidak gosong. Pastikan api tetap dalam keadaan sedang agar biji ketapang tidak terlalu cepat matang.

4. Ketika biji ketapang sudah berubah warna menjadi kecokelatan dan terlihat renyah, angkat biji ketapang dari wajan.

Penyajian dan Penyimpanan

Biji ketapang dapat langsung disajikan sebagai camilan gurih yang siap dinikmati. Anda juga dapat menyimpan biji ketapang dalam wadah kedap udara agar tetap renyah dalam waktu yang lebih lama. Camilan ini cocok disajikan saat bersantai atau dijadikan sebagai cemilan saat menonton film.

Kesimpulan

Biji ketapang adalah camilan yang sangat digemari oleh banyak orang. Dengan resep biji ketapang simple ini, Anda dapat membuat camilan favorit Anda sendiri di rumah. Kacang tanah yang dipanggang dengan gula pasir, garam, dan air menjadi biji ketapang yang gurih dan renyah. Selamat mencoba membuat biji ketapang sendiri dan nikmati kelezatannya!