Sejatinya kompresor merupakan peralatan yang mungkin tidak asing untuk Anda, apalagi yang sering berkunjung ke bengkel atau bekerja di bengkel. Screw kompresor sendiri adalah alat mekanik yang fungsi utamanya untuk meningkatkan tekanan fluida dari udara atau gas. Cara kerjanya sendiri yaitu menghisap udara lalu dipadatkan pada sebuah ruangan bertekanan tinggi. Ada pula jenis kompresor yang digunakan dalam dunia industri yang dinamakan kompresor screw.

Kompresor jenis ini paling banyak digunakan dalam dunia industri dengan cara kerja menggunakan sistem ulir. Kompresor sekrup dimanfaatkan untuk berbagai jenis industri khususnya dalam skala besar.

Cara Kerja Kompresor Screw

Adapun kompresor sekrup bekerja, dengan masuk lewat inlet ke sistem ulir lalu berputar dan melakukan kompresi udara. Kemudian udara yang sudah dikompresi akan disalurkan ke dalam tangki penyimpanan udara. Sistem kerjanya hampir sama dengan kompresor pada umumnya yaitu melakukan penghisapan lalu kompresi dan kemudian pengeluaran.

Kompresor sekrup lebih banyak digunakan pada industri manufaktur di mana ada dua sekrup yang berputar di dalam ruangan sekrup dan disebut dengan istilah Air End. Sekrup ini digerakkan oleh sebuah motor,  dua motor akan menghasilkan hisapan pada Intake Valve. Sekrup akan mampu memproduksi udara bertekanan lewat lubang keluaran, setelah itu udara bertekanan dialirkan masuk ke dalam tangki separator untuk memisahkan udara bertekanan dengan oli.

Sekrup memiliki fungsi untuk menangkap partikel oli saat campuran oli dan udara melewati separator. Kemudian oli akan jatuh ke dasar tangki dan udara ke separator dan masuk ke tahap selanjutnya. Udara bertekanan yang keluar dari tangki suhunya sendiri 80 derajat Celcius sampai 90 derajat Celcius. Ada proses pendinginan terlebih dahulu di mana sebelum masuk ke pendinginan udara dikompresi dan dialirkan lagi datang dari udara ke tingkat presisi yang lebih tinggi, untuk membuat udara semakin bersih dari yang namanya oli.

Udara dikompresi masuk ke pendingin agar suhu udara menurun. Lalu kemudian masuk ke sistem mesin utama dan dialirkan ke filter udara, untuk menghasilkan udara yang bersih dari oli dan bisa dialirkan ke mesin mesin utama pada pabrik.

Pemanfaatan Kompresor Screw

Biasanya kompresor screw dimanfaatkan ke pewarnaan dan pengeringan, bagian industri tekstil, pendinginan di industri keramik hingga penyemprotan dalam proses pelapisan. Pada industri keramik kompresor sekrup digunakan untuk penyemprotan dan pengeringan ditahap pelapisan gelas untuk mendinginkan produk keramik.

Sementara pada industri listrik, komponen ini digunakan untuk mengendalikan fungsi otomatis pembakar di ketel uap. Di industri minuman dan makanan alat ini digunakan untuk mencampur bahan mentah dalam proses pembuatan bir. Alat digunakan untuk mengisi botol, pasangan tutup botol dan pemasangan filter di industri rokok.

Lalu di industri kimia kompresor screw digunakan untuk mengangkut bahan kimia dengan menggunakan tekanan untuk mengadu tangki jaringan.

Salah satu jenis screw  compressor adalah screw compressor oil. Dimana kompresor jenis ini mampu menyuplai udara secara konsisten terus menerus dan umumnya banyak dimanfaatkan untuk industri perdagangan. Dari sisi desain, relatif kecil dan juga compact beratnya juga kecil sehingga sangat minimalis dan tidak mengeluarkan suara yang berisik.

Kompresor jenis ini dibuat dari oleh Renner Kompressorren merupakan perusahaan yang memproduksi kompresor terbaik di Jerman sejak tahun 1994. Jika Anda membutuhkan kompresor dari perusahaan ini, tidak perlu jauh-jauh ke Jerman karena bisa mendapatkannya dari distributor alat-alat industri di Intidaya Dinamika Sejati. Intidaya Dinamika Sejati juga menghadirkan bengkel untuk perbaikan berbagai alat industri yang pelayanannya bisa dilakukan ke seluruh wilayah di Indonesia.