Sekarang ini memang ada semakin banyak orang yang menikmati layanan kemudahan dalam hal transaksi berbasis online, khususnya adalah mereka yang menggunakan layanan mobile banking. Karena nantinya berbagai macam tagihan dapat dibayarkan secara mudah secara online tanpa harus kemana-mana, cukup dari rumah saja dengan mengandalkan perangkat teknologi yang dimiliki. Sebut saja diantaranya adalah pembayaran tagihan listrik yang menjadi sebuah kewajiban bagi setiap orang. Sekarang ini sudah ada cara bayar listrik online yang bisa Anda lakukan.

Pastinya banyak diantara Anda yang sudah sadar akan pentingnya listrik di zaman sekarang, apalagi jika seandainya dilihat listrik ini juga termasuk sebagai salah satu kebutuhan pokok. Karena memang setiap hal mulai diantaranya adalah kegiatan sehari-hari layaknya memasak, mencuci baju, penerangan sampai dengan sarana hiburan memakai listrik. Belum lagi dengan perangkat smartphone yang juga tidak akan bisa hidup tanpa adanya daya listrik yang menyertai dalam pemakaiannya.

Jadi juga bukan hal yang baru lagi jika seandainya konsumsi listrik masyarakat di zaman sekarang ini masuk dalam jumlah yang begitu tinggi, bahkan pemerintah sendiri juga mengupayakan berbagai cara untuk membuat pemakaiannya jadi lebih hemat. Karena dampaknya ditakutkan nantinya sumber energi juga bisa habis begitu saja. Sadar akan kebutuhan akan listrik yang tinggi maka Anda harus memenuhi kewajiban dalam pembayarannya. Bisa coba cara bayar listrik online, namun pastikan untuk melakukan beberapa langkah berikut ini agar lebih aman, yaitu:

  1. Pastikan membayar tagihan secara online lewat akun mobile banking Anda pribadi, sebaiknya ketika ingin melakukan pembayaran semacam ini dilakukan melalui akun mbanking Anda sendiri, bukan milik orang lain, dengan demikian nantinya akan lebih mudah bagi Anda untuk memastikan bahwa transaksi yang dilakukan tersebut sudah benar sesuai dengan yang diharapkan, serta biaya administrasinya juga tidak diperbesar.
  2. Pastikan untuk mengecek kembali nomor ID pelanggan, ini termasuk hal yang penting untuk dilakukan, karena nomor ID pelanggan listrik yang terlalu panjang ini juga punya potensi yang begitu besar menyebabkan kesalahan ketik, bahkan satu saja yang salah nantinya membuat nomor tidak teridentifikasi atau bahkan salah sasaran. Jadi pastikan setelah mengetik maka Anda mengeceknya kembali, agar tidak ada kesalahan.
  3. Saldo harus mencukupi, pembayaran secara online ini dilakukan dengan menggunakan uang saldo yang ada di dalam rekening tersebut, jadi memang Anda harus memastikan bahwa mbanking yang digunakan tersebut memang memiliki saldo yang mencukupi, tak hanya dalam jumlah yang sesuai dengan tagihan listrik saja, melainkan juga harus ada tambahan untuk biaya administrasinya, karena berbeda bank akan berbeda pula kebijakan terkait dengan biaya administrasi.
  4. Akses pembayaran dengan menggunakan mbanking sebaiknya hanya dilakukan dengan perangkat pribadi Anda, hal lainnya yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah sebaiknya pembayaran tagihan listrik dengan memakai mobile banking ini ataupun melakukan transaksi lain dengan mobile banking Anda tidak dilakukan memakai ponsel atau smartphone orang lain, karena memang resikonya sendiri cukup besar, termasuk diantaranya adalah jika mereka melihat history atau riwayat yang tidak dihapus, bisa saja nantinya akun Anda tersebut akan disalahgunakan, bahkan potensi pembobolan rekening mobile banking juga ada.
  5. Gunakan jaringan pribadi, selain perangkat pribadi maka jangan lupa untuk hanya memakai jaringan pribadi untuk aksesnya, karena sebagaimana yang Anda ketahui bahwa memang sekarang ini ada begitu banyak kemungkinan jaringan umum atau gratisan yang Anda temui tersebut bisa memasukkan virus atau sejenisnya yang bisa membobol rekening nantinya, karena belakangan ini semakin banyak malware yang disisipkan dari sebuah jaringan wifi gratisan, tentunya sangat berbahaya bukan.

Itulah diantaranya cara bayar listrik online yang aman dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Bagi para nasabah dari bank BCA serta yang sudah memiliki mobile banking mereka, sebenarnya fitur tersebut juga dapat dimudahkan untuk menunjang transaksi Anda secara online, salah satunya adalah transaksi wajib yaitu pembayaran listrik, PDAM, beli pulsa, belanja online dan sebagainya. Bagi nasabah yang belum punya bisa daftar terlebih dahulu.