Siapa yang tidak suka dengan kue mutiara kelapa kukus? Kue yang lezat dan beraroma kelapa ini menjadi favorit banyak orang. Jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah cara yang mudah dan praktis.

Hello, pembaca yang budiman! Pada artikel kali ini, kami akan berbagi resep dan langkah-langkah untuk membuat kue mutiara kelapa kukus yang lezat. Tidak perlu khawatir, meskipun terdengar rumit, sebenarnya kue ini cukup mudah untuk dibuat di rumah. Mari kita mulai dengan bahan-bahan yang akan Anda butuhkan.

Untuk membuat kue mutiara kelapa kukus, Anda akan membutuhkan:

1. 250 gram tepung beras ketan

2. 200 ml air matang

3. 100 gram kelapa parut kasar

4. 100 gram gula merah, serut

5. 1/2 sendok teh garam

6. Daun pandan, secukupnya (optional)

Nah, sekarang setelah kita memiliki semua bahan yang diperlukan, mari kita mulai membuat kue mutiara kelapa kukus yang lezat ini. Pertama-tama, kita akan membuat adonan untuk kue mutiara.

Pertama, campurkan tepung beras ketan dengan air matang dalam sebuah wadah. Aduk hingga tercampur rata dan adonan memiliki tekstur yang lembut dan kental. Jika menginginkan aroma pandan pada kue mutiara, tambahkan beberapa helai daun pandan yang sudah diikat.

Setelah adonan tercampur rata, ambil sejumput adonan dan bulatkan menjadi bola-bola kecil seukuran kelereng. Inilah yang akan menjadi mutiara dalam kue mutiara kelapa kukus. Letakkan bola-bola tersebut di atas loyang yang telah dialasi dengan daun pisang agar tidak lengket.

Selanjutnya, kita akan membuat kelapa kukus yang akan menjadi taburan pada kue mutiara. Ambil kelapa parut kasar dan kukus selama beberapa menit hingga matang dan mengeluarkan aroma yang sedap. Jika Anda menginginkan kelapa kukus yang lebih renyah, Anda bisa menambahkan sedikit garam ke dalam kelapa parut sebelum dikukus.

Setelah kelapa kukus siap, kita akan melanjutkan dengan proses pemasakan kue mutiara. Siapkan panci pengukus yang telah diisi air di bagian bawahnya. Letakkan loyang berisi bola-bola adonan mutiara di atas panci pengukus, dan tutup panci dengan rapat. Kukus selama 15-20 menit hingga adonan matang dan mengental.

Selama proses pengukusan, pastikan untuk tidak membuka panci terlalu sering agar uap tidak hilang dan kue matang secara merata. Jika panci pengukus Anda tidak cukup besar untuk menampung semua loyang, Anda dapat mengukus dalam beberapa tahap.

Setelah kue mutiara matang, angkat loyang dari panci pengukus dan biarkan sejenak hingga agak dingin. Kemudian, taburkan serutan gula merah secukupnya di atas kue mutiara. Gula merah akan memberikan rasa manis yang khas dan menambahkan kelezatan pada kue ini.

Terakhir, taburkan kelapa kukus yang telah Anda siapkan sebelumnya di atas kue mutiara. Anda bisa menambahkan sejumput garam pada kelapa kukus agar memberikan sensasi gurih yang menarik.

Demikianlah cara membuat kue mutiara kelapa kukus yang lezat dan sederhana. Anda dapat menikmatinya sebagai camilan di sore hari atau sebagai hidangan penutup setelah makan malam. Selamat mencoba dan semoga berhasil!