Cara Membuat Pai Susu yang Nikmat dan Lezat

Menikmati Kelezatan Pai Susu di Rumah Anda

Hello pembaca yang budiman! Apakah Anda pecinta kue? Jika iya, Anda pasti tidak asing dengan pai susu. Pai susu adalah sejenis kue tart yang terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, telur, susu, dan gula. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat pai susu menjadi pilihan yang sempurna untuk camilan atau hidangan penutup. Jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah beberapa langkah mudah untuk membuat pai susu yang nikmat dan lezat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan pai susu, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan antara lain:

1. 250 gram tepung terigu protein sedang

2. 125 gram mentega tawar yang sudah dicairkan

3. 3 butir telur

4. 200 ml susu cair

5. 150 gram gula pasir

6. 1 sendok teh vanili bubuk

7. 1/2 sendok teh garam

8. Keju parut secukupnya untuk taburan

Langkah-langkah Membuat Pai Susu

Setelah semua bahan siap, mari kita mulai proses pembuatan pai susu yang nikmat ini.

1. Pertama-tama, panaskan oven Anda pada suhu 180 derajat Celsius. Sambil menunggu oven panas, Anda dapat mempersiapkan adonan pai susu.

2. Dalam sebuah mangkuk besar, ayaklah tepung terigu untuk menghindari adanya gumpalan. Tambahkan gula pasir, vanili bubuk, dan garam ke dalam mangkuk tersebut. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

3. Setelah itu, buatlah lubang di tengah adonan tepung dan masukkan telur ke dalam lubang tersebut. Kocok telur menggunakan garpu atau whisker kecil hingga rata.

4. Kemudian, tuangkan susu cair sedikit-sedikit ke dalam adonan tepung sambil terus diaduk secara perlahan. Pastikan adonan tercampur merata dan tidak ada gumpalan.

5. Selanjutnya, tuangkan mentega cair ke dalam adonan dan aduk kembali hingga adonan tercampur secara merata. Jika adonan terlalu kental, Anda dapat menambahkan sedikit susu cair.

6. Setelah adonan pai susu tercampur rata, diamkan adonan selama 15-30 menit agar adonan mengembang dengan baik.

7. Sementara adonan istirahat, siapkan loyang tart atau loyang kue bulat berdiameter sekitar 20 cm. Oleskan mentega atau taburkan tepung tipis-tipis ke dalam loyang untuk mencegah adonan lengket saat dipanggang.

8. Setelah adonan telah mengembang, tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Ratakan permukaan adonan menggunakan spatula atau pisau.

9. Terakhir, taburkan keju parut secukupnya di atas permukaan adonan pai susu. Keju parut akan memberikan aroma dan rasa yang khas pada pai susu Anda.

10. Panggang pai susu dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya selama 30-40 menit atau hingga pai susu matang dengan baik. Untuk memastikan kematangan pai susu, Anda dapat menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi yang ditusukkan ke dalam pai susu keluar bersih, maka pai susu telah matang sempurna.

11. Setelah matang, keluarkan pai susu dari oven dan biarkan dingin selama beberapa saat sebelum memotongnya menjadi potongan-potongan yang lebih kecil.

12. Pai susu siap disajikan! Anda dapat menikmatinya dalam keadaan dingin atau suhu ruangan, sesuai dengan selera Anda.

Nikmati Kelezatan Pai Susu Buatan Sendiri

Sekarang, Anda dapat menikmati kelezatan pai susu buatan sendiri dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat pai susu yang lezat dan memuaskan selera Anda sendiri. Pai susu juga dapat menjadi pilihan yang sempurna untuk acara spesial, seperti pesta ulang tahun atau pertemuan keluarga. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah dan nikmatilah hasilnya bersama orang-orang terdekat Anda. Selamat mencoba!