membuat kue lapis

Hello, pembaca yang budiman! Hari ini kita akan membahas tentang cara membuat kue lapis yang lezat dan enak. Kue lapis adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang populer dan memiliki rasa yang unik. Kue ini terbuat dari bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan di pasar. Jadi, mari kita mulai proses pembuatan kue lapis yang membuat lidah bergoyang ini!

Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat kue lapis, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan yang perlu Anda siapkan:

  1. 500 gram tepung terigu
  2. 300 gram gula pasir
  3. 10 butir telur
  4. 500 ml santan
  5. 1 sendok teh vanili
  6. 1 sendok teh pasta pandan
  7. 1 sendok teh pasta cokelat
  8. 1 sendok teh pewarna makanan merah
  9. Gula pasir secukupnya untuk taburan

Selain bahan-bahan di atas, Anda juga perlu menyiapkan alat-alat berikut ini:

  • Loaf pan (loyang)
  • Wadah besar
  • Mixer
  • Spuit atau sendok
  • Pelapis loyang
  • Timbangan

Langkah 1: Membuat Adonan Dasar

Pertama-tama, kita akan membuat adonan dasar kue lapis terlebih dahulu. Dalam wadah besar, campurkan tepung terigu dan gula pasir. Aduk hingga rata. Setelah itu, tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Pastikan adonan menjadi lembut dan tidak bergerindil.

Selanjutnya, pecahkan telur satu per satu dan masukkan ke dalam adonan. Kocok adonan menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga semua telur tercampur sempurna. Tambahkan vanili dan aduk rata.

Langkah 2: Membagi Adonan

Sekarang, bagi adonan dasar menjadi tiga bagian yang sama besar. Dalam setiap bagian, tambahkan pasta pandan pada bagian pertama, pasta cokelat pada bagian kedua, dan pewarna merah pada bagian ketiga. Aduk rata hingga warnanya merata.

Langkah 3: Menyiapkan Loyang

Selanjutnya, siapkan loaf pan (loyang) dan lapisi dengan pelapis loyang atau kertas roti. Pastikan loyang terlapisi dengan rapi untuk memudahkan saat mengeluarkan kue lapis nantinya.

Langkah 4: Pemanggangan Pertama

Untuk pemanggangan pertama, tuang adonan pandan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Ratakan permukaannya menggunakan sendok atau spuit.

Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Panggang adonan pandan selama 15-20 menit atau hingga matang. Pastikan adonan telah mengeras dan permukaannya berwarna hijau kekuningan.

Langkah 5: Pemanggangan Kedua

Setelah adonan pandan matang, tuang adonan cokelat di atasnya. Ratakan permukaan adonan dengan hati-hati agar tidak mengganggu adonan pandan di bawahnya. Panggang adonan kembali selama 15-20 menit atau hingga matang.

Setelah itu, tuang adonan merah di atas adonan cokelat. Ratakan permukaannya dengan hati-hati dan panggang kembali selama 15-20 menit atau hingga matang.

Langkah 6: Pemanggangan Terakhir

Setelah adonan merah matang, tuang sisa adonan dasar (tanpa pewarna) di atasnya. Ratakan permukaan adonan dan panggang kembali selama 15-20 menit atau hingga matang.

Langkah 7: Penyelesaian dan Penyajian

Setelah kue lapis matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin. Setelah dingin, keluarkan kue lapis dari loyang dengan hati-hati. Potong-potong kue lapis sesuai dengan selera Anda.

Sebelum disajikan, taburi permukaan kue lapis dengan gula pasir. Anda juga dapat menambahkan kelapa parut di atasnya untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

Kesimpulan

Itulah cara membuat kue lapis yang lezat dan enak. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan kue lapis dengan lapisan yang cantik dan rasa yang menggugah selera. Selamat mencoba dan semoga berhasil!