Resep Bolu Karamel Anti Gagal

Bolu Karamel yang Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah

Hello pembaca! Apa kabar hari ini? Bagaimana jika kita mencoba membuat bolu karamel yang lezat dan anti gagal di rumah? Bolu karamel adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Rasanya yang manis dan lembut membuatnya menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya itu, resep ini juga sangat mudah diikuti bahkan oleh pemula sekalipun. Jadi, mari kita mulai dan buatlah bolu karamel yang lezat ini sendiri di rumah!

Sebelum memulai, pastikan kita menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kita siapkan:

– 6 butir telur ayam
– 200 gram gula pasir
– 200 gram tepung terigu
– 1 sendok teh vanili bubuk
– 1 sendok teh baking powder
– 1 sendok teh baking soda
– 200 ml susu cair
– 100 gram mentega, lelehkan

Setelah semua bahan telah disiapkan, kita dapat memulai langkah-langkah pembuatan bolu karamel ini. Pertama-tama, preheat oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius. Selanjutnya, kita akan membuat karamel terlebih dahulu sebelum menggabungkannya dengan adonan bolu.

Untuk membuat karamel, panaskan 100 gram gula pasir di dalam wajan dengan api sedang. Aduk gula terus menerus hingga larut dan berubah menjadi warna keemasan yang karamel. Setelah itu, tuangkan karamel ke dalam loyang yang sudah dialas kertas roti. Ratakan karamel di dasar loyang dan sisihkan sebentar.

Pada saat yang sama, kita dapat mempersiapkan adonan bolu. Dalam sebuah mangkuk besar, kocok 6 butir telur ayam bersama dengan 100 gram gula pasir hingga gula larut dan adonan mengembang. Tambahkan 1 sendok teh vanili bubuk, 1 sendok teh baking powder, dan 1 sendok teh baking soda. Aduk rata.

Selanjutnya, tambahkan 200 ml susu cair dan 100 gram mentega leleh ke dalam adonan telur. Aduk rata dengan menggunakan whisk atau mixer dengan kecepatan rendah. Setelah itu, saring 200 gram tepung terigu ke dalam adonan dan aduk rata kembali. Pastikan tidak ada gumpalan tepung yang tersisa.

Setelah adonan bolu siap, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah berisi karamel. Pastikan adonan merata dan tidak ada ruang kosong di dalam loyang. Setelah itu, panggang bolu dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya selama sekitar 45-50 menit atau hingga matang. Untuk memastikan bolu matang, gunakan tusuk gigi dan tusukkan ke dalam bolu. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti bolu sudah matang sempurna. Angkat bolu dari oven dan biarkan dingin sejenak.

Setelah bolu dingin, balikkan loyang ke atas piring saji. Lepas kertas roti dengan hati-hati dan lihatlah keindahan karamel yang menetes di atas bolu. Potong bolu menjadi beberapa bagian dan hidangkan. Bolu karamel siap disantap!

Secara keseluruhan, bolu karamel ini memiliki rasa yang manis dan lembut. Karamel yang menetes di atas bolu memberikan rasa gurih yang khas. Selain itu, tekstur bolu yang lembut membuatnya enak dan mudah dicerna. Bolu karamel ini cocok disajikan dalam acara keluarga atau sebagai camilan di akhir pekan.

Kesimpulan

Membuat bolu karamel anti gagal di rumah tidaklah sulit. Dengan mengikuti resep ini dan menyiapkan bahan-bahannya dengan baik, kita dapat membuat bolu karamel yang lezat dan enak. Jangan ragu untuk mencoba dan berkreasi dengan variasi topping atau variasi rasa lainnya. Selamat mencoba!