Cara Mudah Membuat Kue Apem Tepung Beras Tanpa Tape

Hello! Bagaimana kabar pembaca semua? Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi resep kue apem tepung beras yang lezat dan praktis. Kue apem tepung beras adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki tekstur lembut dan aroma khas. Uniknya, kue ini dapat dibuat tanpa menggunakan tape sebagai bahan fermentasinya. Yuk, simak resep berikut ini dan buat sendiri kue apem tepung beras tanpa tape di rumah!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue apem tepung beras tanpa tape ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di sekitar kita. Berikut daftar bahan yang perlu disiapkan:

1. 250 gram tepung beras2. 100 gram tepung terigu3. 100 gram gula pasir4. 1/2 sendok teh ragi instan5. 1/4 sendok teh baking powder6. 400 ml air kelapa7. 1/2 sendok teh vanili bubuk8. 1/4 sendok teh garam

Selain bahan-bahan di atas, kita juga perlu menyiapkan alat-alat seperti wadah adonan, sendok takar, pengocok adonan, dan cetakan kue apem. Setelah semua bahan dan alat siap, mari kita mulai membuat kue apem tepung beras tanpa tape ini!

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencampurkan tepung beras, tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan baking powder dalam sebuah wadah adonan. Aduk rata semua bahan kering tersebut agar tercampur dengan baik.

Setelah itu, tuangkan air kelapa secara perlahan ke dalam wadah adonan sambil terus diaduk hingga adonan menjadi lembut dan tidak bergerindil. Pastikan air kelapa yang digunakan adalah air kelapa asli agar memberikan aroma yang khas pada kue apem tepung beras ini.

Selanjutnya, tambahkan vanili bubuk dan garam ke dalam adonan. Aduk rata semua bahan hingga tercampur sempurna. Pastikan tidak ada gumpalan adonan yang terbentuk agar kue apem memiliki tekstur yang lembut.

Setelah adonan tercampur dengan baik, diamkan selama kurang lebih 1 jam agar adonan mengembang dan mengeluarkan gas. Proses fermentasi ini akan membuat kue apem tepung beras menjadi lebih lezat.

Setelah adonan mengembang, panaskan cetakan kue apem dengan api sedang. Jika menggunakan cetakan yang baru, sebaiknya oleskan sedikit minyak pada permukaan cetakan agar adonan tidak lengket saat dimasak.

Tuangkan adonan ke dalam cetakan kue apem hingga penuh. Jangan terlalu penuh karena adonan akan mengembang saat dimasak. Tutup cetakan dan biarkan kue apem matang selama kurang lebih 10-15 menit.

Setelah 10-15 menit, buka tutup cetakan dan periksa apakah kue apem sudah matang di bagian bawahnya. Jika sudah matang, balik kue apem dan masak hingga matang sempurna.

Ulangi langkah ini hingga semua adonan habis. Biasanya, resep ini dapat menghasilkan sekitar 15-20 buah kue apem tepung beras, tergantung ukuran cetakan yang digunakan.

Setelah semua kue apem matang, angkat dan sajikan dalam piring saji. Kue apem tepung beras tanpa tape siap untuk dinikmati!

Kue apem tepung beras ini memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang khas. Rasanya yang manis dan gurih membuatnya cocok disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup di berbagai acara atau kumpul-kumpul keluarga.

Selain itu, kue apem tepung beras juga dapat disajikan dengan berbagai tambahan seperti kelapa parut, kismis, atau selai. Anda juga dapat mencoba variasi rasa dengan menambahkan pandan atau cokelat pada adonan. Kreativitas Anda tidak terbatas saat membuat kue apem ini!

Dalam kesimpulan, kue apem tepung beras tanpa tape adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang lezat dan mudah dibuat. Dengan menggunakan bahan-bahan sederhana dan langkah-langkah yang jelas, siapapun dapat mencoba membuat kue apem tepung beras ini di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Selamat Menikmati Kue Apem Tepung Beras Tanpa Tape!