Hello pembaca yang sedang mencari resep kue! Apakah kamu pernah mencoba membuat kue sakura kukus? Jika belum, inilah saat yang tepat untuk mencoba membuatnya. Kue sakura kukus adalah salah satu kue tradisional Jepang yang sangat terkenal dan memiliki rasa yang lezat. Dalam artikel ini, kita akan membahas resep kue sakura kukus yang mudah dan sederhana, sehingga kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Jadi, simak terus artikel ini untuk mengetahui langkah-langkah membuat kue sakura kukus yang lezat dan cantik!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai membuat kue sakura kukus, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  1. 250 gram tepung terigu serbaguna
  2. 200 gram gula pasir
  3. 4 butir telur
  4. 100 ml susu cair
  5. 100 gram margarin, lelehkan
  6. 1 sendok teh ekstrak vanila
  7. 1 sendok teh pewarna merah muda
  8. Daun sakura kering untuk hiasan

Langkah-Langkah Pembuatan

Setelah semua bahan siap, kita bisa mulai mengikuti langkah-langkah pembuatan kue sakura kukus ini. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah dengan teliti untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, siapkan loyang kue kukus berukuran sedang dan oleskan sedikit margarin agar adonan tidak lengket. Panaskan kukusan dengan api sedang.
  2. Kemudian, dalam sebuah wadah, kocok gula pasir dan telur hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Gunakan mixer dengan kecepatan sedang untuk hasil yang lebih maksimal.
  3. Selanjutnya, tambahkan susu cair dan margarin leleh ke dalam adonan telur. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.
  4. Setelah itu, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk rata setiap kali menambahkan tepung terigu agar adonan tidak menggumpal.
  5. Tambahkan ekstrak vanila dan aduk rata kembali.
  6. Bagi adonan menjadi dua bagian yang sama. Satu bagian tetap menjadi adonan putih, sedangkan satu bagian lainnya diberi pewarna merah muda.
  7. Ambil satu sendok makan adonan putih dan tuangkan ke dalam loyang kue kukus. Ratakan permukaannya dengan sendok atau spatula.
  8. Setelah itu, ambil satu sendok makan adonan merah muda dan tuangkan di atas adonan putih. Ratakan permukaannya.
  9. Ulangi langkah 7 dan 8 hingga adonan habis.
  10. Tutup loyang dengan kain bersih dan kukus kue selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. Tes dengan tusuk gigi, jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue sudah matang.
  11. Angkat kue sakura kukus dari loyang dan dinginkan sejenak sebelum dihidangkan.

Cara Menyajikan

Setelah kue sakura kukus sudah dingin, kamu bisa menyajikannya dengan cara yang kreatif. Kamu bisa menambahkan daun sakura kering di atas kue sebagai hiasan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan taburan gula halus di atasnya agar lebih cantik. Kue sakura kukus ini cocok disajikan sebagai hidangan penutup di acara-acara spesial seperti ulang tahun atau perayaan keluarga. Rasanya yang lezat dan tampilan yang cantik akan menjadi perpaduan yang sempurna untuk membuat tamu-tamu terkesan.

Kesimpulan

Nah, itulah resep kue sakura kukus yang mudah dan sederhana. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dan menikmati lezatnya kue sakura kukus ini. Jangan lupa untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan dan mengikuti langkah-langkah dengan teliti. Selamat mencoba dan semoga berhasil!