Sapi bulgogi merupakan salah satu hidangan khas Korea yang sangat populer. Daging sapi yang dimarinasi dengan bumbu khas Korea dan dipanggang hingga matang sempurna membuat hidangan ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menu barbekyu. Dalam artikel ini, kami akan membahas resep sapi bulgogi yang lezat dan mudah di rumah, sehingga Anda dapat menikmati cita rasa autentik Korea kapan saja.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat sapi bulgogi, Anda memerlukan beberapa bahan utama berikut:

Bahan Utama:

  • Daging Sapi: 500 gram (gunakan bagian sirloin atau ribeye yang diiris tipis)
  • Bawang Bombay: 1 buah (iris tipis)
  • Wortel: 1 buah (iris tipis memanjang)
  • Daun Bawang: 2 batang (iris serong)

Bahan Marinasi:

  • Kecap Asin: 5 sendok makan
  • Gula Pasir: 2 sendok makan
  • Madu: 1 sendok makan
  • Minyak Wijen: 2 sendok makan
  • Bawang Putih: 4 siung (cincang halus)
  • Jahe: 1 ruas jari (parut halus)
  • Lada Hitam: 1 sendok teh
  • Pir Korea: 1/2 buah (parut halus, bisa diganti dengan apel jika sulit ditemukan)
  • Mirin: 1 sendok makan (opsional, bisa diganti dengan air jeruk lemon untuk rasa asam)

Bahan Pelengkap:

  • Biji Wijen: 1 sendok makan (sangrai)
  • Daun Selada: secukupnya (untuk membungkus daging bulgogi)

Langkah-Langkah Membuat Sapi Bulgogi

  1. Menyiapkan Daging Sapi

Pastikan daging sapi yang Anda gunakan diiris tipis agar mudah meresap bumbu dan cepat matang saat dipanggang. Anda bisa meminta bantuan tukang daging untuk mengiris daging sesuai kebutuhan.

  1. Membuat Bumbu Marinasi

Campurkan semua bahan marinasi dalam sebuah mangkuk besar. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan gula larut sepenuhnya. Bumbu marinasi ini akan memberikan rasa manis, gurih, dan sedikit aroma wijen yang khas pada daging.

  1. Marinasi Daging

Masukkan irisan daging sapi ke dalam mangkuk berisi bumbu marinasi. Tambahkan irisan bawang bombay, wortel, dan daun bawang. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik dan daging terlapisi sempurna oleh bumbu marinasi. Diamkan daging dalam lemari es selama minimal 30 menit, atau jika memungkinkan, biarkan semalaman agar bumbu meresap lebih sempurna.

  1. Memanggang Daging Bulgogi

Panaskan panggangan atau grill pan di atas api sedang. Jika menggunakan panggangan arang, pastikan arang sudah membara dan tidak ada lagi api besar. Panggang daging bulgogi secara bertahap, jangan terlalu banyak sekaligus agar daging matang merata dan tidak berair. Panggang daging selama 2-3 menit di setiap sisi hingga matang sempurna dan berwarna kecokelatan. Jika menggunakan grill pan, tambahkan sedikit minyak wijen agar daging tidak lengket.

  1. Penyajian

Setelah daging bulgogi matang, angkat dan letakkan di piring saji. Taburi dengan biji wijen sangrai untuk menambah cita rasa dan tampilan yang menarik. Sajikan daging bulgogi bersama daun selada sebagai pelengkap. Anda bisa menikmati bulgogi dengan cara membungkusnya dalam daun selada, menambahkan sedikit nasi dan saus sambal, lalu menggulungnya sebelum dimakan.

Tips Tambahan

  1. Pemilihan Daging

Untuk hasil terbaik, pilihlah daging sapi berkualitas dengan sedikit lemak marbling agar daging tetap juicy dan lezat.

  1. Alternatif Pengganti Pir Korea

Jika pir Korea sulit ditemukan, Anda bisa menggunakan apel Fuji atau jus apel sebagai pengganti. Buah ini memberikan rasa manis alami dan membantu melunakkan daging.

  1. Bahan Marinasi Tambahan

Anda bisa menambahkan bahan lain seperti cabai bubuk Korea (gochugaru) untuk memberikan sentuhan pedas pada bulgogi.

  1. Penyajian Variatif

Selain dibungkus dalam daun selada, bulgogi juga enak disantap dengan nasi putih hangat dan kimchi sebagai pelengkap.

Sapi bulgogi merupakan pilihan menu barbekyu yang sempurna karena rasanya yang kaya dan lezat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menikmati hidangan khas Korea ini di rumah bersama keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba dan nikmati sajian bulgogi yang menggugah selera!