Berlibur di hotel atau villa atau lebih akrab disebut dengan istilah staycation jadi cara baru liburan saat pandemi. Bukan tanpa alasan, pandemi corona membuat kamu dipaksa lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, baik untuk beribadah, berolahraga, belajar, bahkan bekerja. Sudah bisa dipastikan, rasanya jenuh, suntuk, dan bosan, kan? Apalagi, pandemi belum juga disebut usai setelah lebih dari 1,5 tahun menyerang dunia, termasuk Indonesia.

Larangan untuk tidak boleh mudik atau pulang ke kampung halaman juga jadi salah satu alasan mengapa istilah staycation ini sangat populer beberapa waktu terakhir. Kini, seiring dengan pandemi yang semakin membaik dan larangan yang mulai dilonggarkan, wilayah wisata pun bergeliat, berlomba menawarkan pilihan staycation terbaik. Bali, misalnya, yang kembali membuka banyak penginapan dengan suasana dan pengalaman liburan yang sangat menjanjikan untuk staycation, salah satunya adalah Aqilah Villa

Staycation dan Kampanye Work from Bali

Istilah staycation ini dikenal juga dengan sebutan holistay atau holiday and stay. Singkatnya, kamu melakukan liburan dalam beberapa waktu tertentu dan punya beberapa rencana. Istilah ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2007 sampai 2010, saat itu dunia sedang dilanda krisis ekonomi, terlebih Amerika Serikat.

Nah, naiknya lagi istilah liburan di rumah ini karena pandemi yang kembali membuat sektor ekonomi dunia mengalami penurunan dan krisis, terlebih pada sektor pariwisata dan hiburan yang dipaksa tutup selama pandemi. Tak hanya sektor ekonomi, kesehatan mental penduduk dunia pun turut menjadi issue yang sayangnya terabaikan saat pandemi.

Demi tetap bisa bertahan, pelaku usaha di bidang pariwisata pun akhirnya mencari banyak ide baru, salah satunya adalah dengan kampanye Work from Bali untuk mempromosikan paket wisata dan akomodasi mereka. Adanya aturan untuk karantina dan PPKM menjadi latar belakang munculnya kampanye tersebut, dengan penawaran harga yang bisa dikatakan lebih murah dengan fasilitas yang cukup mewah.

Bali memang menjadi daerah pariwisata yang terdampak cukup besar saat pandemi. Jadi, melalui kampanye tersebut, diharapkan akan kembali membangkitkan sektor pariwisata di Pulau Dewata tersebut, terlebih dengan adanya aturan bekerja dari rumah yang digaungkan oleh pemerintah. Pastinya, kamu pun butuh suasana baru untuk bisa tetap produktif selama harus melakukan karantina di rumah, bukan? 

Tips Staycation Nyaman dan Seru di Bali

Nah, supaya liburan di rumah ala Bali yang kamu lakukan lebih nyaman, menyenangkan, dan pastinya membuat kamu tetap bisa produktif menyelesaikan kewajiban, coba ikuti tipsnya berikut ini.

1. Tentukan Waktu

Kalau kamu ingin menghabiskan waktu untuk relaksasi, me time, atau bersenang-senang dengan suasana baru, sebaiknya selesaikan dulu tugas dan pekerjaan yang menjadi tanggungan. Lalu, tentukan kapan waktu yang pas untuk berangkat. Pilihan hari biasa atau tidak dekat dengan akhir pekan dan musim liburan lebih baik, jadi harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal, dan tentunya tidak terlalu ramai.

2. Siapkan Anggaran

Selanjutnya, jangan lupa persiapkan bajetnya, ya. Pilih akomodasi yang sesuai dengan kondisi keuangan. Kalau mau yang sedikit lebih nyaman, Bali punya banyak sekali villa yang bisa kamu tuju, salah satunya adalah Aqilah Villa yang berlokasi di kawasan Kuta. Dekat pastinya dengan salah satu pusat kesibukan di Bali.

3. Cari Informasi tentang Akomodasi Pilihan

Nah, sebelum kamu melakukan pemesanan akomodasi, pastikan kamu tanyakan dulu fasilitas yang ada, ya. Misalnya, apakah akomodasi yang kamu pilih ditunjang dengan akses internet cepat. Pastinya sangat penting kalau kamu masih harus bekerja meski ada di Bali, ya. Lalu, kalau kamu dapat fasilitas kolam renang, tanyakan juga, apakah untuk pribadi atau dibuka secara umum.

Kemudian, bagian fasilitas dalam ruangan. Pastikan kamu dapat informasi dengan lengkap apakah ada bathup di kamar mandi dalam kamar, apakah ada mini bar, hingga perihal sarapan. Biasanya, guna mengurangi interaksi dengan banyak tamu di tempat yang sama, pihak akomodasi akan memberlakukan sistem sarapan di antar di kamar. Oh, iya, tanyakan juga apakah harga yang kamu bayarkan sudah lengkap dengan paket sarapan atau tidak, ya!

 

Itu tadi tips staycation di Bali yang bisa kamu ikuti selama pandemi. Pastikan liburan kamu di Pulau Dewata lebih berkesan dengan memanfaatkan program holiday stays dari Traveloka, ya! Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dimanapun kamu berada. Selamat berlibur!