Mari Nikmati Kelezatan Bingka Khas Medan yang Bikin Lidah Bergoyang

Hello, pembaca setia! Siapa yang tidak suka dengan makanan lezat dan menggugah selera? Salah satu makanan yang patut dicoba adalah bingka, sebuah kue tradisional yang berasal dari Medan. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep bingka yang mudah dan praktis untuk Anda coba di rumah. Jadi, siapkan bahan-bahannya dan mari kita mulai!

Bingka adalah salah satu makanan yang paling terkenal dari Medan. Kue ini terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung ketan, santan, gula merah, dan telur. Meskipun bahan-bahannya sederhana, bingka memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Kombinasi antara manisnya gula merah dan gurihnya santan membuat bingka menjadi camilan yang sempurna untuk menyenangkan lidah Anda.

Untuk membuat bingka, pertama-tama siapkan bahan-bahan berikut: 250 gram tepung ketan, 200 ml santan kental, 150 gram gula merah, 2 butir telur, 1/2 sendok teh garam, dan daun pisang untuk membungkus. Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencairkan gula merah dengan sedikit air di atas api kecil. Aduk gula merah hingga benar-benar larut dan didapatkan cairan kental berwarna cokelat.

Selanjutnya, ambil wadah bersih dan campurkan tepung ketan dengan santan kental. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan tepung yang tersisa. Setelah itu, tambahkan telur dan garam ke dalam adonan tepung ketan. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur sempurna. Jika adonan terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit air. Namun, pastikan adonan tidak terlalu encer.

Setelah adonan bingka tercampur dengan baik, tuangkan adonan gula merah yang telah dicairkan ke dalam adonan tepung ketan. Aduk kembali hingga gula merah tercampur merata dengan adonan. Pastikan tidak ada gumpalan gula merah yang tersisa dalam adonan. Setelah itu, diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit agar adonan bisa meresap dan menghasilkan tekstur yang lebih lezat.

Sementara adonan diamkan, Anda bisa menyiapkan daun pisang untuk membungkus bingka. Potong daun pisang menjadi ukuran yang sesuai dengan porsi bingka yang ingin Anda buat. Kemudian, cuci bersih daun pisang dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel. Setelah itu, goreng daun pisang dengan sedikit minyak agar daun pisang lebih elastis dan tidak mudah sobek saat membungkus adonan.

Setelah adonan bingka selesai diamkan, Anda bisa mulai membentuk adonan menjadi bingka yang siap dipanggang. Ambil selembar daun pisang yang telah digoreng, lalu tuangkan sekitar 2 sendok makan adonan bingka ke atasnya. Lipat daun pisang hingga adonan tertutup rapat dan aman. Ulangi proses ini hingga semua adonan habis.

Setelah semua adonan membentuk bingka, Anda bisa memanggangnya dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga bingka matang dengan sempurna. Jika Anda tidak memiliki oven, Anda bisa menggunakan panci kukusan untuk memasak bingka. Kukus bingka selama kurang lebih 45-50 menit atau hingga matang.

Setelah bingka matang, angkat dari oven atau panci kukusan dan biarkan dingin sejenak sebelum disajikan. Bingka dapat dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin. Rasakan kelezatan bingka yang manis gurih meleleh di mulut Anda. Anda bisa menyajikannya sebagai camilan di sore hari bersama secangkir teh atau kopi, atau sebagai hidangan penutup setelah makan malam.

Selamat mencoba resep bingka yang lezat ini! Semoga Anda sukses dalam membuatnya dan menikmati kelezatan bingka khas Medan ini. Jangan lupa untuk berbagi dengan keluarga dan teman-teman Anda. Selamat menikmati!